Posisi Tidur Yang Baik

Apakah yang kamu rasakan ketika bangun dari tidur yang panjang? Apakah kamu merasa badan segar bugar atau sakit-sakit pada bagian leher, bahu atau kepala? Jika kamu merasakan sakit-sakit, mungkin kamu sebaiknya merubah posisi tidur.

Posisi Tidur

Setiap orang memiliki kebiasaan tidur dengan posisi yang berbeda-beda. Ada yang suka tidur terlentang, menyamping, melengkung atau tengkurap. Setiap posisi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ayuk kita baca dahulu penjelesannya.

1. Terlentang

Menurut seorang dokter osteopathic bernama Joseph Mercola, posisi tidur paling baik adalah terlentang dengan bantal yang agak tipis sebagai sandaran kepala.

Posisi ini menjaga kepala, leher dan tulang punggung kita tetap lurus. Posisi ini juga mengurangi gejala refluks asam seperti batuk kering, sakit tenggorokan atau sakit di daerah dada. Dan yang tidak kalah penting, tidur dengan posisi ini mencegah pembentukan kerutan wajah sehingga kita tetap terlihat awet muda.

Kekurangannya adalah kemungkinan besar kamu akan mendengkur, alias ngorok. Tapi bukanlah sebuah masalah yang besar bagi kamu yang tidur sendirian. Heheā€¦

2. Menyamping

Tidur dengan posisi menyamping baik untuk wanita hamil, terutama menyamping ke sisi kiri. Letakkan bantal diantara lutut untuk mencegah sakit pada kaki.

Tidur menyamping membantu mengurangi sakit pada tulang punggung, dan menjaga leher dan punggung tetap nyaman. Posisi ini juga bisa mengurangi gejala refluks asam dan dengkuran.

Kekurangan dari tidur menyamping adalah kerutan pada wajah lebih cepat terbentuk. Kadang-kadang kamu juga akan bangun dengan sakit pada otot bagian bahu dan leher.

3. Melengkung

Posisi melengkung maksudnya bentuk badan seperti janin dalam perut ibu. Posisi ini dianggap tidak optimal karena tulang punggung kamu berada dalam posisi bengkok dalam waktu yang lama.

Keuntungan tidur dengan posisi hanya berguna untuk mengurangi dengkuran. Jika kamu sedang hamil, boleh tidur dengan posisi seperti ini.

4. Tengkurap

Ini adalah posisi yang paling buruk karena dapat merubah bentuk tulang punggung kita. Posisi ini juga memberikan efek negatif pada leher dan kepala, sakit pada beberapa sendi dan otot, dan kebas-kebas pada kaki dan tangan.

Kamu yang selalu mendengkur boleh saja menggunakan posisi ini sesekali, mungkin ketika diharuskan tidur dengan orang lain pada saat trip ke luar negeri.

Cara Merubah Posisi Tidur

Saya yakin beberapa orang ingin merubah posisi tidurnya setelah membaca penjelasan diatas. Merubah posisi tidur adalah tugas yang gampang-gampang susah. Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa dicoba.

1. Yakinkan Diri Sendiri

Sebelum tidur, katakan pada diri sendiri bahwa kamu akan tidur dengan posisi terlentang atau menyamping, kemudian kaitkan posisi tersebut dengan hal-hal positif, seperti tidur yang nyenyak dan mimpi indah. Meyakinkan diri sendiri untuk melakukan hal-hal positif dapat membantu merubah kebiasaan buruk.

2. Rubah Rutinitas Sebelum Tidur

Jika kamu biasanya mendengarkan musik sebelum tidur, coba ganti dengan kegiatan membaca buku. Jika kamu biasanya memakai celana panjang, coba pakai celana pendek. Cari rutinitas-rutinitas lainnya dan rubahlah.

Merubah beberapa kebiasaan yang berkaitan dengan tidur sekaligus membuat tugas merubah kebiasaan tidur menjadi tidak begitu mencolok.

3. Gunakan Bantal Mata

Kamu bisa menggunakan bantal mata, lebih baik lagi jika dilengkapi dengan aroma terapi, untuk membantu kamu tertidur lebih cepat.

Usahakan juga agar bantal mata tidak diikat terlalu ketat di kepala, sehingga ketika kamu berputar, bantal mata akan terjatuh dan kemungkinan kamu akan terbangun dan memperbaiki posisi tidur kamu lagi.

4. Gunakan Penghalang

Kamu dapat menempatkan bantal atau guling disebelah tubuh kamu. Ini berguna untuk mencegah kamu tanpa sadar merubah posisi tubuh pada saat kamu sedang tidur pulas.

5. Gunakan Ketidaknyamanan

Cara yang ini termasuk cara yang keras. Kamu bisa memasukkan kelereng-kelereng atau benda lainnya ke dalam kantung celana sehingga kamu merasa tidak nyaman ketika kamu tidur dengan posisi yang buruk. Kamu akan terbangun dan kemudian harus memperbaiki posisi tidur kamu lagi.

Semoga bermanfaat! :)

Tinggalkan komentar